“Aku Ingin Terkenal”

Manusia berlomba-lomba agar terkenal di dunia ini, berbagai cara dilakukan untuk bisa populer, dan berusaha menampakkan kebaikan dengan berbagai cara.

Dengan menggunakan pakaian yang paling bagus, dan berusaha untuk memalingkan perhatian manusia kepada nya, dan ini menjadi tujuan kebanyakan orang.

Sebagaimana kita lihat sekarang orang-orang berlomba-lomba untuk mendapatkan popularitas, dan ini sudah menjadi tabiat manusia.

Akan tetapi disana ada ketenaran yang seharusnya dicari oleh seorang muslim. Karena ketenaran di dunia akan membuat orang jatuh kepada Riya, ujub pada diri, dan penyakit yang lainnya.

Rasulullah bersabda:

إِيَّاكُمْ وَالتَّمَادُحَ فَإِنَّهُ الذَّبْحُ

“Jauhilah sifat suka dipuji, karena dengan dipuji-puji itu seakan-akan engkau disembelih.” (HR. Ahmad)

Akan tetapi disana ada ketenaran yang seharusnya seorang muslim semangat mencapai dan mencari nya. Dan ketenaran itu adalah “Terkenal di langit”.

Betapa banyak orang yang terkenal di dunia akan tetapi tercela di atas langit, dan betapa banyak orang yang terkenal di langit akan tetapi diremehkan di dunia.

Bukanlah menjadi ukuran engkau terkenal di dunia, bisa jadi itu adalah ujian bagimu. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

” Barang siapa yang memakai pakaian ketenaran maka Allah akan pakaikan pakaian kehinaan pada hari kiamat”

Akan tetapi kedudukan tertinggi ialah kita ingin terkenal di langit, kita ingin terkenal diantara malaikat, dan ketenaran ini bukanlah dengan engkau terkenal diantara manusia.

Karena banyak para Rasul kita tidak mengetahui nya, dan Rasul-Rasul yang tidak disebutkan Kepada kita. Banyak para Nabi tidak dikenal oleh kita akan tetapi mereka disisi Allah memiliki kedudukan yang agung.

Abu Ayyub as-Sikhtiyani pernah mengatakan: “Seorang hamba sama sekali tidaklah jujur jika keinginannya hanya ingin mencari ketenaran(di dunia).” (Ta’thiru al-Anfas, hlm. 276)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِيَّ الْغَنِيَّ الْخَفِيَّ

“Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertakwa, berkecukupan, dan tersembunyi.” (HR. Muslim no. 2965)

Tidaklah menjadi ukuran jika engkau memiliki banyak pengikut, tidaklah menjadi ukuran jika engkau dipuji oleh manusia.

Dan yang menjadi ukuran engkau adalah “ENGKAU TERKENAL DI LANGIT”

lalu bagaimana cara terkenal di langit ? baca selengkapnya disini!

Tinggalkan Balasan